Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Penyebab susah buang air besar bisa bervariasi pada tiap orang. Begitu pun mengenai langkah penanganannya akan tergantung kepada penyebab dan seberapa parah kondisi Anda. Namun, secara umum konstipasi bisa ditangani dengan mengubah gaya hidup.

Berikut adalah Tips Menangani Susah Buang Air Besar:

  1. Cukupi kebutuhan air putih untuk mencegah dehidrasi.
  2. Perbanyak mengonsumsi serat, setidaknya 18-30 gram per hari. Serat bisa didapat dari buah-buahan, sayuran, ataupun sereal.
  3. Anda dapat mengonsumsi obat penghilang nyeri, seperti parasetamol atau aspirin bila konstipasi sudah menimbulkan rasa sakit atau ketidaknyamanan. Namun, anak berusia di bawah 16 tahun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi aspirin.
  4. Ketika buang air besar di toilet duduk, posisikan kaki di bangku rendah supaya lutut berada di atas pinggang. Posisi ini membuat kotoran lebih mudah keluar.
  5. Lakukan lebih banyak olahraga. Sesederhana berjalan kaki atau berlari ringan sudah cukup, asalkan dilakukan secara rutin.
  6. Terapkan rutinitas buang air besar ke toilet, misalnya kapan dan di toilet mana Anda nyaman untuk buang air besar. Penerapan rutinitas ini juga perlu dilakukan untuk anak Anda. Bantu anak untuk membiasakan diri dengan aktivitas ini dan berikan pujian atau penghargaan bila anak telah melakukannya.
  7. Jangan menunda untuk buang air besar ketika merasa butuh dan mendesak untuk melakukannya.

Bila konstipasi terjadi pada anak, berikan buah-buahan untuk memperlancar buang air besar, seperti stroberi, apel, anggur, pir, atau kismis. Buah-buahan ini juga bisa diberikan untuk orang dewasa.
Apabila dengan mengubah gaya hidup belum berhasil, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan pencahar untuk Anda. Bagi ibu hamil yang mengalami konstipasi, konsultasikan terlebih pada dokter sebelum mengonsumsi obat apa pun.

source: alodokter

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2022 - RS Karanggede support by PT. PMI

Telepon Kami       (029) 8610600

Terima kasih telah mempercayakan pengelolaan website Anda dengan Penjuru Media