Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Musim hujan juga biasanya datang dengan rentetan penyakit. Jika daya tahan tubuh tidak terjaga dengan baik, tubuh jadi mudah sakit selama musim hujan. Berbagai penyakit banyak bermunculan saat musim hujan tiba. Penyakit-penyakit yang sering ditemui di antaranya adalah diare, batuk, dan pilek atau yang juga disebut sebagai common cold.

Penyakit yang cukup berat seperti leptospirosis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira yang disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri ini, juga bisa menyerang.

Penyakit dapat terjadi kapan saja. Namun, saat musim hujan, munculnya penyakit-penyakit seperti yang disebutkan di atas umumnya mengalami peningkatan. Selain karena penularannya yang lebih cepat dalam kondisi lembap, tubuh manusia juga cenderung lebih mudah sakit saat musim hujan.

Berikut adalah 4 Hal Penyebab Tubuh Mudah Sakit saat Musim Hujan:

1. Minimnya aktivitas fisik

Biasanya, cuaca mendung dan hujan membuat seseorang lebih memilih berdiam diri atau bermalas-malasan di rumah dibanding melakukan aktivitas fisik. Padahal, aktivitas fisik adalah salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Gaya hidup sedenter yaitu gaya hidup yang didominasi oleh banyak duduk atau tidak bergerak dan kurang berolahraga saat musim hujan menyebabkan tubuh kurang bugar dan mudah terserang penyakit.

2. Kurang paparan sinar matahari

Saat musim hujan, kondisi ini memang tak terhindarkan karena sinar matahari lebih banyak tertutup awan tebal. Padahal, sinar matahari, terutama pada pagi hari, sangat baik untuk tubuh.

Manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari paparan sinar matahari yang cukup di antaranya adalah membunuh berbagai jenis virus, serta sumber vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan kerja berbagai enzim dalam tubuh. Bila kurang terpapar sinar matahari, daya tahan tubuh seseorang pun akan menurun.

3. Perubahan suhu yang ekstrem

Saat siang hari atau saat sedang tidak hujan, suhu udara umumnya cenderung panas, sementara saat hujan turun suhu mendadak mengalami penurunan. Penurunan suhu ini tentu menuntut tubuh untuk beradaptasi dan secara tidak langsung memengaruhi daya tahan tubuh.

4. Penyebaran virus dan bakteri lebih cepat

Virus dan bakteri penyebab penyakit akan lebih mudah menyebar dalam kondisi lembap. Kondisi ini dapat diperparah dengan kebiasaan berdiam diri di dalam ruangan, sehingga semakin membuat fenomena ‘ping pong’ mudah terjadi, yaitu penularan penyakit dari satu orang ke orang lain secara cepat dan berulang.

source: klikdokter

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2022 - RS Karanggede support by PT. PMI

Telepon Kami       (029) 8610600

Terima kasih telah mempercayakan pengelolaan website Anda dengan Penjuru Media