Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Bondan Winarno, atau yang lebih akrab dikenal dengan slogan “Maknyus” dikabarkan meninggal dunia pada ada pukul 09.05 WIB hari ini. Beliau diketahui meninggal setelah menjalani operasi jantung.

Setiap operasi jantung terbuka (secara konvensional) menghadirkan risiko komplikasi. Risiko ini terkait dengan prosedur yang dilakukan dan risiko yang terkait dengan anestesi.

Biasanya seorang pasien mengalami risiko bermacam-macam, seperti penempatan alat pacu jantung, cangkok bypass arteri koroner, perbaikan cacat bawaan, perbaikan katup dan lainnya.

Dikutip dari laman Very Well, penyebab kemungkinan yang lebih tinggi bila jantung berhenti. Adanya komplikasi bisa terjadi tergantung dari ausia dan jenis kelamin. Komplikasi pasien yang melakukan operasi jantung rentan dialami pasien yang lebih tua (di atas 60 tahun).

Bahkan pada pasien yang berusia 70-an tahun dan pasien yang pernah menjalani operasi jantung sebelumnya, komplikasi meningkat. Pasien yang memiliki kondisi kronis, seperti diabetes, penyakit arteri koroner, dan tekanan darah tinggi juga berisiko terkena komplikasi setelah operasi jantung.

Komplikasi selama dan setelah operasi jantung

Beberapa komplikasi akibat operasi jantung bakal diselesaikan selama pasien menjalani perawatan di rumah sakit. Komplikasi ini bisa terjadi selama atau usai operasi jantung.

Pasien bisa mengalami pendarahan, yang terjadi di tempat sayatan atau dari area jantung, yang dioperasi. Irama jantung yang tidak normal bisa terjadi. Terkadang alat pacu jantung eksternal sementara atau permanen mungkin diperlukan untuk memperbaiki masalah ini.

Komplikasi lain, pasien mengalami kerusakan jantung iskemik berupa kerusakan jaringan jantung, yang disebabkan kurangnya aliran darah ke jantung. Darah yang membeku bisa terbentuk di dalam dan di sekitar jantung. Jika terjadi komplikasi, pasien bisa mengalami kematian. Risiko kematian pada pasien juga bisa meningkat selama operasi saat jantung dihentikan.

source: health.liputan6.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2022 - RS Karanggede support by PT. PMI

Telepon Kami       (029) 8610600

Terima kasih telah mempercayakan pengelolaan website Anda dengan Penjuru Media