Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

5 Penyebab Munculnya Rasa Sakit Punggung

Punggung bukanlah area tubuh yang sering diperhatikan kesehatannya, tapi Anda tidak bisa mengabaikannya ketika ada masalah sakit atau nyeri punggung.

Karena punggung sendiri memiliki sum-sum tulang belakang yang memiliki tonggak penting menjalankan sebagian besar fungsi tubuh.

Seperti yang dikutip dari laman Medical Daily, berikut adalah 5 Penyebab Munculnya Rasa Sakit Punggung:

1. Tempat tidur yang tidak tepat

Entah karena tempat tidur yang tidak rata, kurang tebal atau sudah usang, sangat mungkin membuat punggung sakit karena istirahat malam kurang baik. Kasur yang tidak empuk dan datar tidak akan memberikan kenyamanan. Dr. Michael Breus, dokter WebMD mengatakan, “Bangun tidur dan mengalami nyeri punggung bawah bisa berarti kasur tidak sesuai untuk Anda.”

2. Cedera karena mengangkat benda berat

Tulang punggung juga bisa mengalami cedera tiba-tiba ketika jarang dilatih atau mengalami shock karena mengangkat barang berat. Hal ini sering dialami orang tua. Itulah mengapa para ahli selalu menyarankan pentingnya peregangan dan rutin olahraga sebelum angkat-angkat berat.

3. Gejala radang sendi

Rasa sakit di punggung juga sebaiknya diwaspadai karena bisa jadi itu adalah gejala radang sendiri. Jika rasa sakit berlangsung kurang lebih 30 menit di pagi hari dan menghilang setelahnya. Area yang seringkali terasa sakit adalah punggung bagian bawah, pinggul, dan tulang belakang.

Dr. Prakash Jayabalan dari Rehabilitation Institute of Chicago mengungkapkan, “Mereka yang mengalami radang sendi, rasa sakit cenderung menjadi lebih baik di siang hari, tetapi kemudian di malam hari terasa sedikit lebih buruk.”

4. Sering pakai high heels

Ladies yang sering memakai sepatu hak seringkali akan merasakan nyeri punggung karena di otot punggung yang tegang. Meski umumnya kaki yang merasakan sakit, namun otot kaki punya hubungan erat dengan otot di area punggung, seperti tendon Achilles, lutut, dan pinggul.

5. Merokok

Kebiasaan merokok juga bisa memicu keropos tulang dan meningkatkan risiko nyeri punggung kronis. Para ahli yakin bahwa merokok berpotensi meningkatkan sensitivitas nyeri sehingga tubuh terasa sakit semua.

Hindari terlalu sering mengangkat barang-barang yang berat dan akan lebih baik jika lebih sering olahraga agar tulang punggung sehat dan kuat.

source: vemale.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2022 - RS Karanggede support by PT. PMI

Telepon Kami       (029) 8610600

Terima kasih telah mempercayakan pengelolaan website Anda dengan Penjuru Media