Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Timun suri termasuk ke dalam jenis labu-labuan atau dalam bahasa Latin disebut dengan Cucurbitaceae. Di dalamnya terkandung aneka zat yang sangat bermanfaat untuk tubuh, vitamin A, vitamin C, kalium, asam linoleat, fluktosa, saponin, potasium, dan magnesium.

Dari zat-zat yang terkandug di dalamnya sudah jelas dapat kita ketahui bahwa buah yang menjadi salah satu faforit masyarakat ini ternyata bukan hanya menyegarkan saja tapi juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut adalah 10 Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan:

1. Melancarkan Pencernaan

Timun suri atau barteh memiliki khasiat untuk memperlancar sistem pencernaan. Hal itu karena buah yang satu ini mengandung banyak air sehingga dapat memperlancar proses pencernaan di dalam tubuh. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki keluhan seperti gastritis atau tukak lambung dan maag sangat pas jika mengkonsumsi buah yang satu ini.

2. Mencerdaskan Otak Janin

Manfaat timun suri yang berikutnya adalah untuk membuat otak janin menjadi cerdas. Oleh karena itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini secara teratur. Tapi jangan berlebihan karena dapat menurunkan tekanan darah.

3. Sumber Antioksidan

Tubuh membutuhkan antioksidan untuk membantunya melawan dari segala bentuk penyakit yang mematikan, Timun suri adalah salah satu sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Di dalamnya terdapat kalium, mangan, magnesium, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. zat-zat tersebut sangat baik digunakan oleh tubuh untuk menangkal segala radikal bebas yang masuk ke dalamnya.

4. Pendukung Program Diet

Bagi anda yang saat ini sedang menjalankan program diet, anda dapat memasukan timun suri ke dalam daftar menu sehari-hari. Di dalam timun suri terkandung air dan serat dalam jumlah yang cukup banyak. Dua unsur ini akan membantu tubuh untuk mengeluarkan lemak-lemak yang ada di dalamnya.

5. Baik untuk Kesehatan Mata

Bukan hanya buah wortel saja yang baik untuk kesehatan mata, timun suri pun sangat dianjurkan untuk menyehatkan mata. Hal itu karena di dalam timun suri terkandung asam askorbat serta asam caffeic yang dapat mengurangi tingkat ritensi air sehingga sangat pas untuk mengatasi bengkak pada mata. Selain itu, di dalam timun ini juga terkandung vitamin A yang kita tahu sangat baik untuk mata.

6. Sebagai Buah Anti Kangker

Kangker adalah salah satu penyakit yang mematikan di dunia ini. Timun suri adalah salah satu buah yang dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kangker dan tumor di dalam tubuh. Hal ini karena di dalam timun tersebut terkandung saponin yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dari dalam tubuh.

7. Menyehatkan Ginjal

Timun suri termasuk buah dengan kadar air yang tinggi sehingga dapat mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh. Oleh karena itulah, buah ini termasuk sebagai obat diuretik yang baik untuk tubuh.

8. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Setiap orang pastilah menginginkan memiliki kekebalan tubuh yang baik. Dengan begitu penyakit-penyakit pun tidak mudah menyerangnya. Salah satu tanda buruknya sistem kekebalan pada tubuh adalah mudahnya terserang flu atau pileg. Tapi anda tidak perlu hawatir. Anda dapat memanfaatkan timun suri sebagai cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di dalam buah ini terkandung vitamin C dengan kadar yang cukup untuk membantu sistem kekebalan tubuh.

9. Membantu Proses Detoksivikasi

Tubuh memiliki sistem detoksivikasi sebagai cara untuk membuang racun-racun yang ada di dalamnya. Dengan mengkonsumsi timun suri secara seimbang akan membantunya dalam memperlancar pembuangan racun-racun atau detoksivikasi dari dalam tubuh. Terdapat beragam jenis racun yang dapat dibuang melalui konsumsi timun suri ini, salah satunya adalah cacing pita yang merupakan parasit yang cukup berbahaya bagi kesehatan.

10. Anti Radang

Bukan hanya dagingnya saja yang bermanfaat untuk kesehatan, biji timun suri pun dapat berguna sebagai obat radang selaput lendir atau radang tenggorokan.

source: aladokter

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2022 - RS Karanggede support by PT. PMI

Telepon Kami       (029) 8610600

Terima kasih telah mempercayakan pengelolaan website Anda dengan Penjuru Media