Obat radang tenggorokan yang alami maupun secara medis bisa mengatasi infeksi bakteri Streptococcus grup A di tenggorokan yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit.

Selain menggunakan obat-obatan yang telah dijelaskan di atas, Anda juga bisa mencoba berbagai pengobatan yang alami berikut ini:

  1. Minum Air Rebusan Jahe dan Kayu Manis

Obat sakit tenggorokan alami pertama adalah jahe dan kayu manis yang biasa kita temukan di dapur. Lalu bagaimana cara meracik ramuan ini?

Pertama rebuslah segenggam jahe dan kayu manis dalam beberapa gelas air hingga mendidih, kemudian dinginkan dan siap untuk diminum. Bila ingin menambahkan rasa, Anda bisa tambahkanlah sedikit gula merah atau madu. Air rebusan jahe dan kayu manis ini berkhasiat membantu menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat.

Hasilnya akan maksimal jika minum segelas air rebusan jahe dan kayu manis ini dua kali sehari. Ingat! jangan minum terlalu banyak karena akan menyebabkan efek samping perut panas atau mulas.

  1. Berkumur Air Garam Hangat

Cara mengobati radang tenggorokan ini bisa membantu meredakan dan merangsang air liur. Air garam juga berkhasiat membantu membunuh bakteri di tenggorokan.

Buatlah campuran satu sendok teh garam dengan 200 mililiter air hangat. Berkumurlah dengan campuran ini untuk membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga tenggorokan tetap bersih. Lakukan cara ini sekitar 2 sampai 3 kali sehari selama masa pengobatan.

Baca juga : 4 Penyebab Susah Sendawa

  1. Minum Madu yang Dicampur Air Hangat

Sebuah penelitian yang dilansir Healthline, menemukan bahwa madu lebih efektif dalam meredakan batuk. Sementara penelitian lain menunjukkan bahwa obat radang tenggorokan alami ini adalah penyembuh luka yang efektif, ini berarti dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

Cara hanya membuat campuran satu sendok makan madu dengan segelas air hangat (bisa ditambahkan lemon). Ramuan dari campuran madu dan air hangat ini dapat melapisi tenggorokan dan menenangkan iritasi akibat bakteri.

  1. Berkumur Cuka Sari Apel yang Dicampur Air

Cuka sari apel dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan karena mampu melawan bakteri. Ini telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian bahwa cuka apel sebagai antimikroba dalam mengatasi infeksi.

Sifatnya yang asam, cuka apel dapat digunakan untuk membantu merangsang air liur di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri.

Cobala membuat campuran satu atau dua sendok makan cuka apel ke dalam satu cangkir air dan berkumurlah. Bila ingin meminumnya, campurkan sedikit madu. Anda dapat berkumur sebanyak tiga kali dalam sehari. Pastikan untuk minum banyak air setelah berkumur.

  1. Mengonsumsi Bawang Putih

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bawang putih adalah antibiotik alami yang mampu melawan bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan. Ini berkat kandungan allicin, senyawa organosulfur yang dikenal karena kemampuannya melawan infeksi.

Penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih secara rutin dapat membantu mencegah virus flu biasa. Mencampurkan bawang putih segar ke dalam makanan juga menjadi cara yang mudah sebagai antimikroba.

Orang tua atau nenek Anda mungkin pernah menyarankan Anda cara mengobati radang tenggorokan dengan mengulum satu siung bawang putih untuk meredakan radang tenggorokan. Mudah bukan?

Meski menimbulkan aroma yang kurang sedap di mulut, bawang putih memiliki banyak khasiatnya untuk pengobatan alami. Tenang, Anda bisa segera menyegarkan mulut dengan menyikat gigi.

Itulah obat radang tenggorokan alami maupun secara medis. Sebelum mencoba cara mengobati radang tenggorokan,

source : doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - RS Karanggede support by PT. PMI

Telepon Kami       (029) 8610600