Makanan baik untuk tulang. Salah satu cara untuk menjaga kekuatan tulang adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Sayangnya, kebanyakan orang masih terbiasa menerapkan pola makan yang buruk. Lantas, makanan-makanan apa saja yang sebaiknya kita konsumsi demi memastikan bahwa tulang tetap terjaga kekuatan dan kepadatannya?

Makanan Untuk Menjaga Kekuatan Tulang

Pakar kesehatan menyebut kaum hawa cenderung mengalami penurunan massa tulang sejak usia 30-an. Dengan menerapkan pola makan yang sehat, risiko untuk terkena pengeroposan tulang atau osteoporosis pun bisa dicegah.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sangat direkomendasikan demi menjaga kekuatan tulang.

Baca juga: Cara Mencegah Diabetes Sejak Dini

  1. Biji-Bijian

Jika kita membicarakan tentang kesehatan tulang, maka hal pertama yang terpikir tentu saja adalah kalsium. Salah satu jenis mineral ini memang memiliki peran sangat besar bagi kesehatan dan kekuatan tulang. Bahkan, tulang di tubuh kita sebagian besar terdiri dari kalsium. Sebagai contoh, sekitar 50 persen dari total magnesium yang ada di tubuh kita ditemukan di tulang.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin mengonsumsi biji-bijian untuk mendapatkan asupan kalsium dan magnesium dalam jumlah yang tinggi. Hanya saja, khusus untuk biji labu, jumlah kandungan kedua jenis mineral ini paling tinggi sehingga jauh lebih direkomendasikan.

  1. Kacang-Kacangan

Meskipun bentuknya keras, dalam realitanya tulang adalah organ yang “hidup” dan terdiri dari sel-sel dan cairan. Setiap hari, sel-sel tulang berganti. Hal inilah yang membuat tulang tetap terjaga kekuatannya dan bisa menyembuhkan diri jika sampai retak atau patah.

Demi menjaga kekuatan tulang, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan kacang-kacangan. Sebagai contoh, berdasarkan jurnal berjudul Nutrition Journal yang terbit pada 2007 silam, dihasilkan fakta bahwa rutin mengonsumsi walnut bisa membantu menjaga kondisi tulang. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam lemak omega 3 dan asam linoleat yang sangat tinggi di dalamnya. Kacang walnut juga tinggi kandungan magnesium yang bisa mencegah risiko patah tulang dengan signifikan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi kacang sekitar satu genggam atau seperempat cangkir demi mendapatkan manfaat kesehatannya.

  1. Air Mineral

Air mineral memiliki kandungan fluoride yang bisa mencegah gigi berlubang dan mempertahankan kepadatan tulang. Air mineral juga bisa memberikan perlindungan lebih baik bagi kesehatan gigi dan mulut.

  1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam tinggi kandungan nutrisi layaknya kalsium, magnesium, dan vitamin K. Sebagaimana mineral, vitamin K juga sangat penting bagi kesehatan tulang, khususnya dalam hal mencegah menurunnya jumlah kalsium lewat buang air kecil.

Hanya saja, sebaiknya kita juga lebih cermat dalam mengolah sayuran berdaun hijau. Jangan mengolahnya menjadi gorengan karena hal ini bisa menurunkan manfaat sehatnya dengan signifikan.

  1. Susu

Sudah menjadi rahasia umum jika susu adalah makanan terbaik bagi kesehatan tulang. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan vitamin D dan mineral seperti kalsium di dalamnya. Selain susu cair, kita juga disarankan untuk mengonsumsi produk susu lainnya seperti yoghurt, keju, dan es krim sehingga bisa membuat asupan vitamin D dan kalsium semakin banyak.

Beberapa Hal yang Sebaiknya Dihindari Demi Menjaga Kesehatan Tulang

Selain mengonsumsi makanan-makanan tersebut, kita juga disarankan untuk menghindari kebiasaan merokok, minum alkohol dan mengonsumsi minuman bersoda karena berbagai hal ini bisa menurunkan kepadatan tulang. Selain itu, ada baiknya kita lebih rajin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari demi membantu menyehatkan tulang.

Baca juga: Apakah Sarapan Roti Sehat ? Simak Penjelasannya!

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Karanggede support by PT. PMI

Telepon Kami       (029) 8610600