Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Tidak sedikit orang yang memiliki keluhan mata minus. Apakah Anda salah satunya? Jika ya, sebaiknya lebih berhati-hati dalam bertindak, karena beberapa kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari ternyata dapat membuat kondisi minus pada mata semakin bertambah.

Mata minus atau miopia merupakan gangguan penglihatan yang menyebabkan mata sulit untuk melihat benda berjarak jauh. Itu karena pada mata minus, lensa mata dan kornea tidak mampu memfokuskan biasan cahaya untuk jatuh tepat di retina, melainkan di depannya.

Sampai sekarang penyebab mata minus masih belum diketahui secara pasti hingga saat ini. Tapi, terdapat beberapa kebiasaan yang berperan dalam meningkatkan risiko mata minus atau pertambahan minus yang sudah terjadi.

Berikut adalah 5 Penyebab Mata Minus Bertambah Parah:

1. Membaca terlalu dekat

Membaca terlalu dekat membuat otot-otot kecil di mata bekerja keras untuk mendapatkan fokus. Jika kondisi tersebut terjadi secara berulang dan berkelanjutan, lama-kelamaan otot mata akan kelelahan hingga mengalami kerusakan. Akibatnya apalagi kalau bukan minus yang bertambah.

2. Melihat layar monitor terlalu dekat atau lama

Menatap layar monitor terlalu dekat atau dalam waktu lama membuat mata bekerja lebih keras. Pada akhirnya, mata akan kelelahan dan fungsinya melemah. Lama-kelamaan, mata minus akan semakin bertambah parah.

3. Membaca di cahaya redup

Membaca di tempat dengan cahaya redup membuat otot-otot mata bekerja keras untuk menangkap objek. Jika hal itu terjadi secara terus-menerus, mata minus atau pertambahan minus tak bisa lagi dihindari.

4. Tidak rutin memakai kacamata atau lensa minus

Penderita mata minus yang tidak rutin memakai kacamata atau lensa minus dapat membuat mata semakin berakomodasi untuk menyesuaikan penglihatan. Semakin sering dilakukan, semakin cepat pula pertambahan minus mata yang Anda rasakan.

5. Sering terpapar sinar ultraviolet

Paparan sinar ultraviolet pada mata dapat menyebabkan kerusakan otot-otot yang menunjang penglihatan. Ini artinya, jika mata sering terpapar sinar ultraviolet, Anda akan mengalami perburukan kondisi mata minus.

source: klikdokter

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2022 - RS Karanggede support by PT. PMI

Telepon Kami       (029) 8610600

Terima kasih telah mempercayakan pengelolaan website Anda dengan Penjuru Media