Kebiasaan Yang Menyebabkan Gigi Jadi Sensitif

Kebiasaan yang menyebabkan gigi jadi sensitif, gigi sensitif memang suatu kondisi yang tidak mengenakan. Kondisi ini dikarenakan terbukanya lapisan gigi terluar yang disebut email.

Sehingga reseptor pencetus gigi terasa ngilu cepat sampai pada bagian gigi paling dalam, yaitu pulpa tempat pembuluh darah dan saraf.

Baca juga: Tips Dan Cara Atasi Sakit Gigi

Dokter spesialis konservasi gigi dari RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, drg Tara Pratitha, SpKG mengatakan bahwa ada beberapa penyebab lapisan email bisa terbuka sehingga terjadi gigi sensitif, yaitu dikarenakan suatu penyakit maupun tidak.

“Penyebab gigi sensitif itu pertama ada lubang (penyakit). Kalau bukan karena penyakit misalnya terbukanya si email gigi karena pengikisan berkali-kali, misalnya giginya suka dikretek-kretek. Itu nanti permukaan emailnya terbuka itu menyebabkan atresi, giginya aus, jadi bikin ngilu juga,” jelasnya.

Gigi sensitif juga bisa terjadi karena abrasi yang terjadi karena menyikat gigi terlalu kencang. Saat menyikat gigi terlalu kencang bisa menyebabkan adanya cekungan pada bagian tengah gigi karena emailnya terbuka.

Selain itu, menyikat gigi terlalu kencang, memakai bulu sikat gigi yang cukup keras, dan kesalahan menyikat gigi juga bisa menyebabkan resesi atau gusi turun. Hal ini juga dapat menimbulkan rasa ngilu.

“Kalau gerakan yang bisa bikin resesi atau gusi turun biasanya gerakannya nyamping horizontal atau atas bawah kekencengan, karena itu nggak bisa dikontrol kan,” imbuhnya.

Baca juga: Penyebab Sering Kencing Usai Sahur

Trauma yang menyebabkan gigi menjadi retak atau patah juga bisa memunculkan rasa ngilu sehingga gigi menjadi sangat sensitif, terutama jika menemui pencetusnya, seperti minum es atau makan makanan manis dan asam.

Source: health.detik.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Karanggede support by PT. PMI

Telepon Kami       (029) 8610600