Manfaat Jalan Kaki

Manfaat Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan olahraga yang dilakukan setiap hari dan dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang pada segala usia.

Berjalan juga diketahui dapat menurunkan resiko mengalami penyakit tertentu. Semakin banyak berjalan maka manfaatnya akan semakin dapat dirasakan.

Baca juga : Cara Mengatasi Kantung Mata Bengkak Dan Menghitam

Berikut beberapa manfaat dari jalan kaki yang dapat dijabarkan :

  • Membakar Kalori
    Berjalan dapat membantu membakar kalori dan menjaga berat badan tetap ideal. Pembakaran kalori juga tergantung pada faktor lain seperti kecepatan berjalan, jarak yang ditempuh, medan yang ditempuh dan berat badan.
  • Meningkatkan Kekuatan Jantung
    Berjalan selama 30 menit sehari selama 5 hari berturut- turut dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung coroner sebanyak 19%.
  • Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah
    Berjalan kaki singkat setelah makan dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Penelitian menemukan bahwa berjalan kaki selama 15 menit setiap setelah makan dapat menurunkan kadar gula darah.
  • Meredakan Nyeri Sendi
    Berjalan kaki dapat menjaga sendi termasuk pada lutut dan pinggul. Dengan berjalan akan membantu memperkuat dan melumasi otot yang menopang sendi. Berjalan dapat meredakan nyeri bagi seseorang dengan radang sendi. Berjalan sejauh 1,6 km dalam satu minggu dapat mencegah arthritis.
  • Memperbaiki Mood
    Berjalan dapat membantu menjaga kestabilan mood. Menurut penelitian, berjalan dapat membantu mengurangi kecemasan, depresi dan suasana hati yang tidak baik. Untuk mendapatkan manfaat ini, berjalanlah selama 30 menit atau berolahraga dengan intensitas sedang tiga hari dalam seminggu.
  • Menguatkan Otot Kaki
    Berjalan dapat menguatkan otot-otot pada kaki terutama jika berjalan di area berbukit atau tanjakan. Selain dengan berjalan, menguatkan kaki juga dapat dilakukan dengan bersepeda, lari, squat atau berenang.

Sudah benarkah Cara Berjalan Anda?

Baca juga : Apakah Daging Memicu Maag?

Berjalan dengan posisi yang tidak normal dapat merusak postur tubuh. Berikut adalah posisi normal berjalan agar mempertahankan atau menjaga postur tubuh tetap bagus.

  • Kepala naik dan melihat kea rah depan (bukan kebawah)
  • Leher, bahu, penggung dalam kondisi santai, tidak kaku dan tegak
  • Mengayunkan lengan dengan bebas dan sedikit menekuk siku
  • Posisi punggung lurus, tidak melengkung kedepan atau ke belakang, serta otot perut sedikit ditahan.

Source : vivahealth.co.id

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Karanggede support by PT. PMI

Telepon Kami       (029) 8610600