Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami
Proning Meningkatkan Saturasi Oksigen

Kasus Covid-19 di Indonesia semakin hari semakin melonjak menyebabkan banyak rumah sakit di berbagai daerah  hampir kolaps dan membuat tabung oksigen juga semakin sulit didapatkan oleh pasien Covid-19 yang membutuhkan.

Oleh karena itu, ahli menyarankan untuk belajar melakukan posisi prone atau proning agar dapat membantu meningkatkan kembali saturasi oksigen di dalam tubuh. Proning position atau dikenal dengan proning adalah teknik meningkatkan kadar oksigen dengan cara mengatur posisi tidur tengkurap pada pasien yang mengalami gangguan pernapasan.

Terdapat 3 teknik posisi proning.

Teknik proning dilakukan dengan berbaring tengkurap. Ini adalah posisi yang diterima secara medis untuk meningkatkan saturasi oksigen. Teknik ini bermanfaat pada pasien COVID-19 dengan atau tanpa pemakaian ventilator. Jika kadar oksigen pasien turun di bawah 94 persen, pasien bisa berbaring tengkurap. Posisi ini meningkatkan ventilasi dan memungkinkan pernapasan yang nyaman.

Proning Meningkatkan Saturasi Oksigen

 

Posisi kedua adalah berbaring dengan posisi menyamping ke arah kanan, dan siapkan kembali 3 buah bantal.  Lakukanlah posisi 2 ini selama 30 menit. Jika Anda tidak bisa berbaring dengan posisi menyamping ke kanan, maka Anda bisa berbaring dengan posisi menyamping ke kiri dengan posisi bantal serupa.Proning Meningkatkan Saturasi Oksigen

 

Posisi proning yang ketiga adalah rebahkan badan Anda dalam posisi setengah duduk, dengan menaruh tiga atau lebih bantal yang bisa dijadikan sandaran dari punggung hingga posisi duduk agak miring. Pertahankan posisi ini selama 30 menit.

Proning Meningkatkan Saturasi Oksigen

 

 

 

 

source : Halodoc, kompas

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2021 - RS Karanggede support by PT. PMI

Telepon Kami       (029) 8610600